sintang

Pembangunan Konstruksi Bandar Udara Tebelian Kab Sintang Kalbar

BandarUdaraBandara Susilo Kabupaten Sintang merupakan bandara pesawat kecil yang hanya melayani pesawat perintis dan pesawat berbadan kecil di Kab Sintang. Saat ini hanya beberapa maskapai penerbangan yang melayani rute di kabupaten ini. Potensi investasi di Kabupaten Sintang sangat besar dan transportasi merupakan hambatan bagi investor masuk ke kabupaten ini.

Dengan luas lahan yang terbatas membuat pengembangan area bandara ini mengalami kendala. Sehingga Pemda Kabupaten Sintang mulai membuat perencanaan lokasi baru bandar udara yang berlokasi di Tebelian Sintang. Sejak tahun 2012 pengembangan kawasan ini terus gencar dilakukan Pemda Kabupaten Sintang dan terlihat progress yang baik dari pengerjaan proyek ini.

Bandar Udara Tebelian direncanakan akan menjadi bandara embarkasi haji dan menjadi salah satu bandar udara internasional di Kalimantan. Ditargetkan tahun 2014 pembangunan runway bandar udara bertaraf internasional itu selesai. Sehingga tahun 2015 bandar udara ini dapat difungsikan. Akes jalan menuju bandara dan sarana pendukung lain saat ini terus dilakukan persiapannya oleh Pemkab Sintang. Bahkan pembebasan lahan sebanyak 500 ha sebagai pengembangan ke depan kawasan bandar udara ini telah disiapkan oleh pemda.

Untuk itu Departemen Perhubungan bersama kabupaten Sintang melakukan tahapan pelelangan sampai batas penawaran akhir tanggal 22 Juli 2013. Lelang ini dilakukan oleh LPSE Departemen Perhubungan.

Dalam pengerjaan konstruksi landas pacu, stopway, turning area, pekerjaan tanah di areal taxiway, apron, runway strip, dan drainase di Bandara Tebelian Kab Sintang maka proyek ini ditawarkan dengan nilai pagu sebesar Rp 83.750.000.000,00

Kategori : Pekerjaan Kontruksi

Kualifikasi : Perusahaan Non Kecil

Sumber Dana : APBN 2013

Rencana Bangun Jalan Dermaga Sungai Ringin Bakal Tak Terealisaasi

20130823askiman-sintangSintang (Antara Kalbar) ­Rencana pembangunan jalan masuk Dermaga Sungai Ringin tampaknya akan terealisasi, karena tidak ada anggaran yang dimiliki Pemkab Sintang untuk membangun jalan tersebut, kata Plt Kepala Dinas PU Kabupaten Sintang, Askiman belum lama ini.

Askiman menyampaikan Dinas PU belum memiliki anggaran untuk membangun jalan masuk Dermaga Sungai Ringin di tahun 2014 ini. “Jangankan untuk membangun jalan masuk Dermaga Sungai Ringin, anggaran untuk membangun jalan­jalan kabupaten yang 80 persen telah rusak parah pun nyaris tidak tersedia di APBD Sintang tahun 2014,” ungkapnya. Dia mengatakan perbaikan jalan di Kabupaten Sintang selama ini sangat bergantung pada anggaran DAK yang diberikan dari pemerintah pusat.

Sementara anggaran dari APBD Sintang untuk perbaikan jalan nyaris nol persen.Sementara itu, kondisi Dermaga Sungai Ringin selalu lumpuh total di setiap musim hujan seperti saat ini. Sebab truk­truk pengangkut barang tidak bisa masuk ke dermaga karena jalan masuk ke dermaga dalam kondisi rusak berat.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sintang, Hatta menyampaikan Dermaga Sungai Ringin sebenarnya sudah fungsional. Hanya saja fungsional dermaga ini akan terkendala ketika memasuki musim hujan akibat belum adanya pengerasan jalan masuk ke dermaga. “Karena itu, kami berharap Pemkab Sintang dapat menganggarkan pengerasan jalan masuk ke dermaga sehingga dermaga ini dapat fungsional setiap hari,” harapnya.

Hatta mengatakan aktivitas bongkar muat di dermaga Sungai Ringin baru bisa dilakukan jika jalan masuk ke dermaga dalam kondisi kering. “Aktivitas bongkar muat di dermaga tersebut sekarang tergantung musim. Kalau musim hujan, truk tidak bisa masuk sehingga tidak ada aktivitas bongkar muat di dermaga tersebut,” tuturnya. Dia mengatakan mengenai kelengkapan fasilitas, semua fasilitas sudah tersedia di dermaga tersebut termasuk gudang dan kantor.

Hatta mengungkapkan ruas jalan yang akan digunakan untuk keluar masuk dermaga belum terselesaikan sedangkan untuk pelabuhannya sudah bisa digunakan. Dikatakannya jalan akses keluar masuknya kendaraan ke pelabuhan memang perlu peningkatan, dan pengaspalan. Sebab untuk aktivitas pelabuhan jalan yang ada saat ini belum bisa digunakan, terlebih lagi bila hujan jalan menjadi becek.

Mengenai peningkatan dan pengaspalan jalan akses tersebut, ia mengatakan bukan lagi menjadi kewenangan Dinas Perhubungan. Dia berharap paling lambat 2015 Dermaga Sungai Ringin sudah dapat diresmikan penggunaannya sesuai keinginan Bupati.

Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sintang @2014

Galeri
Link Terkait